kata-kata wanita muslimah sebagai renungan

Kata-Kata untuk Wanita Muslimah sebagai Renungan Sehari-Hari

Kata-Kata Wanita Muslimah - Ali bin Abi Thalib
Selalu ada hikmah di balik setiap kejadian yang berlangsung di dunia ini. Akan tetapi, tak semua orang mampu merenung dan memahaminya. Kalau kamu wanita muslimah dan ingin mencoba merenungi beberapa hal yang berkaitan denganmu, membaca kata-kata inspiratif yang ada di sini mungkin bisa membantu.
Jilbab, cinta, ujian hidup, dan ibadah adalah beberapa persoalan yang lekat dengan kehidupan wanita muslimah. Begitu pun dengan posisi wanita dalam Islam sendiri. Kalau kamu wanita muslimah dan sedang menghadapi masalah berkaitan dengan kelima hal tersebut, cobalah baca kata-kata yang ada di sini.
Mungkin membaca kumpulan kutipan bijak ini tidak akan serta merta menyelesaikan masalahmu. Namun, semoga saja setidaknya bisa membuatmu merenung dan mendapatkan cara pandang baru.
Sebagai contoh, bisa jadi sebelumnya kamu menganggap jilbab adalah sebuah batasan. Tapi setelah membaca kutipan di sini, kamu jadi sadar kalau sebenarnya itu adalah bentuk penghargaan terhadap wanita dalam Islam.
Nggak hanya bisa kamu jadikan sebagai renungan untuk diri sendiri, kamu juga bebas membagikannya ke orang lain. Kamu pun bisa memasangnya sebagai caption untuk menghiasi media sosialmu. Yuk, langsung cari tahu selengkapnya!

Kata-Kata Bijak Islami tentang Wanita

Kata-Kata Wanita Muslimah - Umar bin Khattab

1. Pengangkat Derajat Perempuan

Islam menaikkan derajat wanita dari dasar bumi hingga pada akhirnya surga diletakkan di bawah kakinya. Dr. Maulana Ansari
Ada beberapa kalangan yang menganggap Islam adalah agama yang mengungkung kebebasan perempuan. Mereka mungkin tak tahu, sebenarnya agama ini justru mengangkat derajat dan memuliakan kaum hawa.
Bahkan, Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan bahwa ibu adalah sosok yang harus dihormati di dunia ini setelah Allah dan Rasulullah sendiri. Ada pula ungkapan yang mengatakan bahwa surga terletak di bawah kaki ibu sehingga kita tak boleh durhaka terhadapnya. Sungguh mulia, kan, posisi perempuan menurut Islam?

2. Antara Perempuan dan Bunga

Perempuan itu sama seperti bunga. Mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik, dan penuh kasih sayang. Ali bin Abi Thalib
Tak hanya agamanya sendiri yang mengajarkan untuk menghormati perempuan, pemeluknya pun demikian. Ali bin Abi Thalib, khalifah terakhir sekaligus menantu Rasulullah, pernah mengungkapkan kata-kata bijak tentang wanita muslimah di atas.
Sudah menjadi kodrat perempuan pada umumnya untuk memiliki hati yang lebih lembut dari laki-laki. Oleh karena itu, mereka hendaknya diperlakukan dengan lembut agar tak mudah sakit dan hancur. Kamu pun, pasti nggak suka dikasari orang lain, kan?

3. Bukanlah Pakaian

Wanita bukanlah pakaian yang bisa kamu pakai dan kamu lepas semaumu. Mereka terhormat dan memiliki haknya. Umar bin Khattab
Senada dengan Ali bin Abi Thalib, khalifah kedua, Umar bin Khattab, juga berpendapat bahwa perempuan adalah sosok yang patut dihormati. Hal itu diungkapkannya melalui kata-kata bijak islami penyejuk hati tentang wanita muslimah ini.
Beliau menentang anggapan bahwa perempuan tak lebih berharga dari pakaian yang hanya dipakai saat dibutuhkan saja, lalu dibuang jika dianggap tak berguna. Bangga, kan, ada tokoh besar yang memperjuangkan hak perempuan seperti ini?

4. Wanita Muslimah

Wanita muslimah menggunakan mulutnya untuk mengatakan kebenaran, suaranya untuk kebaikan, telinganya untuk welas asih, dan hatinya untuk mencintai mereka yang tidak menyukainya. Anonim
Meski Islam mengajak penganutnya untuk menghormati perempuan, ada kalanya hal itu sulit dilakukan. Terutama kalau orang itu tidak menghormati dirinya sendiri dan melakukan hal-hal yang membuatnya jadi rendah di mata orang lain.
Oleh karena itu, ada baiknya kamu belajar menghormati dirimu sendiri. Salah satu caranya dengan memanfaatkan tubuh dan hidup yang telah diberikan Tuhan untuk melakukan kebaikan. Mungkin sulit membiasakan diri melakukannya. Tapi jika berhasil, kamu akan menjadi muslimah sejati seperti didefinisikan kutipan di atas.

5. Pendidikan bagi Perempuan

Para ekstremis takut dengan buku dan pena. Kekuatan pendidikan membuat mereka takut. Mereka takut pada perempuan. Malala Yousafzai
Masih berkaitan dengan kata-kata bijak tentang wanita muslimah sebelumnya, memperoleh pendidikan juga bisa menjadi cara terbaik untuk menghormati diri sendiri. Jangan mau jadi kaum hawa yang hanya bisa menurut dan tak punya prinsip. Perluas wawasanmu dan lakukan segala sesuatunya karena kamu memang paham hal itu baik untukmu.
Begitu pentingnya pendidikan, bahkan menurut Malala Yousafzai bisa membuat para ekstremis Taliban takut. Mereka khawatir tak bisa lagi menakut-nakuti dan mengendalikan wanita. Maka dari itu, selagi kamu bisa mendapatkan pendidikan dengan mudah, manfaatkanlah kesempatan itu dengan sebaik-baiknya.
Terkait

Kata-Kata Mutiara Islam tentang Wanita Berjilbab

Kata-Kata Wanita Muslimah - Anonim Bulan Matahari

1. Perhiasan Terbaik Perempuan

Perhiasan terbaik seorang wanita adalah rasa malunya. Fatimah binti Muhammad
Tak perlu khawatir kalau kamu tak memiliki banyak uang untuk membeli cincin dan kalung permata. Pasalnya, masih ada perhiasan indah lain yang bisa kamu miliki, yakni rasa malu. Menurut putri Rasulullah, justru itulah yang menjadi perhiasan terbaik wanita.
Malu di sini bukan berarti kamu harus bersembunyi sepanjang waktu dan takut melakukan apa pun. Tapi kamu perlu malu jika melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah dan berusaha untuk selalu mengikuti perintahnya, termasuk mengenakan jilbab. Bukan malah malu memakainya karena merasa tidak cocok untukmu, ya!

2. Berlian yang Berharga

Wanita Muslimah adalah berliannya Islam. Tak ada seorang pun yang akan mengungkapkan berlian mereka kepada orang asing. Anonim
Pernah mendengar kata-kata yang mengibaratkan wanita muslimah sebagai mutiara dalam sebuah kerang? Kata-kata tersebut hampir mirip maknanya dengan kutipan di atas.
Dalam Islam, perintah mengenakan jilbab bukan dimaksudkan untuk mengungkung perempuan. Justru karena mereka berharga, jadi selayaknya dilindungi dan tak sembarangan diperlihatkan pada siapa pun. Kamu sendiri, memilih untuk pamer atau melindungi kalau punya barang berharga?

3. Bukan Tersembunyi, tapi Menyilaukan

Wanita seharusnya tidak seperti bulan yang setiap orang bisa melihatnya tanpa tertutupi apa pun, tapi wanita seharusnya menjadi seperti matahari yang membuat mata tertunduk sebelum melihatnya. Anonim
Fashion atau pilihan gaya berpakaian memang jadi hak masing-masing individu. Tapi sebagai sebagai pemeluk Islam, tentunya kamu tetap perlu memperhatikan batasan dan aturan yang telah ditetapkan.
Larangan memakai pakaian yang terlalu terbuka dimaksudkan agar kamu tidak menarik perhatian orang lain untuk memandangmu. Toh dengan busana tertutup pun, kamu bisa menyilaukan mata mereka dengan keanggunan, kebaikan, dan sederet prestasimu.

4. Demi Tuhan

Jauh lebih baik kehilangan sesuatu untuk Tuhan daripada kehilangan Tuhan untuk mendapatkan sesuatu. Mufti Menk
Sebagian orang ragu untuk berjilbab karena takut kehilangan berbagai hal. Mulai dari kesempatan bekerja, kebebasan, kecantikan, sampai cinta dari orang yang dikasihinya.
Kalau kamu juga seperti itu, resapilah kata-kata motivasi untuk wanita muslimah agar mau berjilbab ini. Apakah semua itu lebih berharga dari pahala yang dijanjikan Tuhan untukmu? Ingat bahwa hidup ini hanya sementara, jangan sampai kamu kehilangan sesuatu yang lebih besar hanya karena hal-hal yang sifatnya fana.

5. Hari Pertama Berhijab

Wahai Saudariku, suatu hari nanti tubuhmu akan ditutupi kain dari ujung kepala hingga ujung kaki. Jangan biarkan hari terakhirmu di bumi menjadi hari pertamamu memakai hijab. Anonim
Ketidaksiapan juga membuat sebagian orang menunda mengenakan jilbab. Mereka bukannya tak punya keinginan dan tak paham soal kewajiban, tapi lebih menunggu momen yang tepat untuk muncul. Apakah kamu juga begitu?
Daripada menanti momen yang tak jelas kapan datangnya, lebih baik ciptakan sendiri momen tersebut. Selagi keinginan muncul, jangan pernah menundanya. Jangan sampai niat baik itu justru didahului oleh panggilan dari Yang Maha Kuasa.
Baca juga: Kumpulan Inspirasi Kata-Kata untuk Sahabat Tersayang

Kata-Kata tentang Cinta & Jodoh untuk Wanita Muslimah

Kata-Kata Wanita Muslimah - Nina Nurrahman

1. Cinta yang Tak Pernah Padam

Saat kau mencintai seseorang karena Allah, cinta itu tak akan pernah padam. Anonim
Saat kamu mencintai seseorang karena wajah tampannya, rasa itu mungkin saja pudar saat dia menua. Begitu pun jika kamu mencintai karena harta, perasaanmu bisa kandas saat dia bangkrut dan kehilangan segala-galanya.
Cobalah mencintai seseorang karena Allah. Niatkan semuanya untuk ibadah. Semoga saja kamu bisa bertahan dalam kondisi susah maupun senang karena teringat akan pahala yang bisa kamu dapatkan dari-Nya.

2. Keuntungan Ganda

Mencintai dengan sungguh-sungguh memberikan kebahagiaan di hati kita. Mencintai karena Allah kita mendapat nilai ibadah dan kebahagiaan yang lebih. Anonim
Kata-kata tentang wanita muslimah yang sedang jatuh cinta ini memiliki pesan yang sama dengan kutipan sebelumnya. Yaitu agar kita mencintai seseorang karena Allah dan meniatkan semuanya sebagai ibadah.
Tak hanya pahala, insya Allah kamu juga akan lebih bahagia karenanya. Kekhawatiran tentang hal-hal yang sifatnya duniawi bisa lebih kamu abaikan, karena kamu yakin ada Tuhan yang akan selalu memberikan jalan untukmu dan pasangan.

3. Menanti lewat Doa

Menunggumu dalam kesabaran lebih indah bagiku daripada mengungkapkannya. Menantimu dalam doa lebih bermakna daripada menjelaskannya. Nina Nurrahman; Tentang Aku, Kamu, & Hijrahku
Islam sebenarnya tidak mengenal konsep pacaran. Oleh karena itu, kalau sekiranya kamu belum siap membina rumah tangga, ada baiknya kamu tidak terburu-buru mengungkapkan perasaanmu. Lalu, bagaimana menyikapinya?
Kamu bisa memanfaatkan rasa itu untuk berlatih sabar dan mendekatkan diri pada Tuhan. Berdoalah, kalau memang dia jodohmu, mintalah didekatkan, begitu pula sebaliknya. Kalau menurut kata-kata bijak wanita muslimah yang bisa dijadikan caption cinta dalam diam ini, semua itu justru lebih indah dan bermakna dari sekadar mengungkapkannya.

4. Sosok yang Tepat

Pria yang benar tak akan menjauhkanmu dari Allah. Kalau dia melakukannya, berarti dia pria yang salah. Abdul Bary Yahya
Pria pilihanmu seharusnya bisa menjadi imam yang menahkodai bahtera rumah tanggamu kelak. Dia sebaiknya bisa mengajakmu mencari bekal untuk kehidupan akhirat, bukan hanya dunia.
Kalau dia tak bisa melakukannya, atau bahkan mengajakmu menjauh dari Allah, mungkin saja dia bukan sosok yang tepat untukmu. Kalau Allah saja berani dijauhinya, bagaimana dengan dirimu nanti?

5. Kesetaraan dalam Suatu Hubungan

Wanita yang baik untuk lelaki yang baik. Dan lelaki yang baik adalah untuk wanita yang baik (pula). Surat An Nur 26
Bagus kalau kamu sudah punya keinginan mendapatkan pria soleh sebagai pendampingmu kelak. Namun, jangan hanya berharap saja. Persiapkan juga dirimu agar bisa menjadi pendamping yang layak baginya.
Kalau sampai sekarang kamu masih belum dipertemukan dengan jodohmu, mungkin ini cara Allah mengingatkanmu untuk berubah. Jadi, manfaatkanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Kata Kata untuk Muslimah tentang Ibadah

Kata-Kata Wanita Muslimah - Anonim Cangkir

1. Tanggung Jawab dalam Hidup

Setiap hembusan nafas yang diberikan Allah padamu bukan hanya berkah, tapi juga tanggung jawab. Anonim
Kamu mungkin sering berdoa agar dianugerahi umur panjang saat merayakan ulang tahun. Tapi, sadarkah kamu, kalau seiring dengan hembusan nafas yang diberikan untukmu itu, ada tanggung jawab besar di baliknya?
Mumpung masih diberi kesempatan hidup, carilah bekal sebanyak-banyaknya untuk hidup di akhirat kelak. Jangan sampai penyesalan datang di belakang dan kamu tidak bisa melakukan apa-apa untuk mengubahnya.

2. Ibadah dalam Setiap Aktivitas

Dengan mengingat Allah hati menjadi tenang. Dalam segala aktivitas kita akan bernilai ibadah. Bob Sadino
Kamu pasti tahu dong siapa Bob Sadino? Dikenal sebagai pengusaha sukses yang cukup nyentrik, ternyata Bob tak melupakan Tuhan saat sedang berbisnis. Pria yang meninggal tahun 2015 ini bahkan pernah memberi nasihat untuk selalu mengingat Allah dalam melakukan apa pun.
Dengan demikian, kedamaian akan selalu meliputi hatimu. Kegiatan yang kamu lakukan pun akan bernilai ibadah dan insya Allah memiliki pahala di baliknya. Dengan catatan, tentu saja kalau kegiatan itu tidak melanggar perintah Tuhan, ya!

3. Meminimalisir Ruang untuk Dunia

Hati manusia sama seperti cangkir. Semakin kamu memenuhinya dengan cinta kepada Allah, semakin sedikit ruang yang tersisa untuk dipenuhi rasa cinta terhadap dunia. Anonim
Kehidupan di dunia ini hanya sementara, sudah selayaknya kamu belajar memfokuskan diri untuk mengejar pahala sebagai bekal di akhirat. Meski demikian, tak bisa dipungkiri kalau hal itu berat. Yang namanya godaan memang kerap terlihat lebih nikmat.
Nah, mungkin kamu bisa coba nasihat di kata-kata untuk wanita muslimah ini. Cobalah tingkatkan cintamu untuk Allah dan kehidupan akhirat secara bertahap, semoga saja rasa sayangmu pada dunia bisa terkikis dengan sendirinya.

4. Jihad yang Paling Hebat

Kita baru saja pulang dari jihad yang kecil (Perang Uhud) menuju jihad yang besar, yaitu jihad melawan hawa nafsu. Nabi Muhammad SAW
Rasulullah konon pernah mengucapkan kalimat ini pada pasukan muslim dalam perjalanan pulang dari Perang Uhud. Meskipun banyak pakar ilmu hadis yang meragukan kesahihannya, kata-kata itu ada benarnya dan bisa dijadikan pedoman para wanita muslimah.
Melawan hawa nafsu bukanlah perkara mudah. Kalau tak percaya, tengoklah dirimu sendiri. Sudah berapa kali keinginanmu untuk berubah menjadi manusia yang lebih baik gagal karena malas atau ragu? Kalau kamu berhasil mengalahkan nafsumu sendiri, berarti kamu sudah naik tingkat. Selamat!

5. Bukan Masalah Jumlah

Barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zaarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. QS Az-Zalzalah 7
Tak perlu khawatir jika amal ibadah yang bisa kamu lakukan selama ini terlihat sangat sederhana. Karena sekecil apa pun itu, pasti ada balasannya. Hal itu sudah ditegaskan dalam Alquran Surah Az-Zalzalah ayat 7 ini.
Jangan sampai kamu jadi ragu melakukannya karena merasa semua itu sia-sia. Allah Maha Melihat, jadi pasti tak akan melewatkan segala sesuatu yang kamu lakukan.

Kata-Kata Menyentuh Hati tentang Kesabaran untuk Wanita Muslimah

Kata-Kata Wanita Muslimah - Berdua dengan Tuhan

1. Silih Berganti

Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan, pasti akan datang kemudahan. HR. Tirmidzi
Dalam hidup ini, mustahil kamu hanya akan mengalami kemudahan sepanjang waktu. Pasti ada saat-saat di mana kamu dihadapkan dengan kesulitan. Saat itu terjadi, sabarlah, tetap tegar, dan ingat kata-kata mutiara untuk wanita muslimah ini.
Kalau kamu bisa sabar melewatinya, kamu akan mendapatkan kemudahan. Tapi, jangan lupa siapkan diri untuk menghadapi kesulitan kembali, ya! Karena semua itu akan datang silih berganti. Bukannya menakut-nakuti, tapi memang begitulah kehidupan di dunia ini. Daripada takut, nikmatilah semuanya selagi hidup!

2. Berdua dengan Tuhan

Saat kau merasa tak memiliki siapa pun, ingatkan dirimu bahwa Allah telah mengirim mereka pergi, sehingga kau bisa berduaan bersama-Nya. Anonim
Saat sedang terpuruk sendirian, bisa jadi kamu akan menyalahkan Tuhan. Tapi, pernahkah kamu berpikir kalau semua itu mungkin hanya cara-Nya untuk menarik perhatianmu?
Coba introspeksi diri sebentar. Apakah selama ini kamu sudah sering berdoa kepada-Nya? Apakah kamu selalu mengingat-Nya dalam setiap kesempatan? Kalau belum, mungkin ini saatnya kamu berbenah dan mendekatkan diri pada-Nya.

3. Hikmah di Balik Hancurnya Hati

Ketika hatimu hancur, itu bagus. Dengan hati yang pecah, maka cahaya Tuhan akan lebih mudah masuk ke dalamnya. Shaykh Hamza Yusuf
Kata-kata untuk wanita muslimah ini pada intinya hampir sama dengan kutipan sebelumnya. Yakni bahwa kesulitan mungkin diciptakan Tuhan karena ingin mengingatkanmu untuk mendekat pada-Nya.
Kalau hanya kebahagiaan dan kemudahan yang kamu temui, bisa jadi kamu malah lupa diri. Gawatnya lagi kalau kamu sampai tinggi hati dan merasa bisa mendapatkan semuanya tanpa perlu bantuan Tuhan. Hiii, jangan sampai itu terjadi, ya!

4. Musibah Penggugur Dosa

Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya. HR. Bukhari dan Muslim
Selain sebagai peringatan, musibah mungkin dihadirkan Tuhan sebagai berkah untukmu. Pasalnya, menurut hadis yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim ini, kesulitan yang dihadapi manusia sebenarnya bisa membantu menggugurkan dosa.
Oleh karena itu, saat kamu menghadapi musibah, jangan buru-buru berburuk sangka mengira Tuhan tak menyayangimu. Jangan pula kamu malah enggan beribadah dan pada akhirnya menambah dosa yang kamu miliki.

5. Tak Mengapa Tak Sempurna

Memangnya kenapa kalau hidup ini tak sempurna. Toh, ini bukanlah jannah. Nourman Ali Khan
Kutipan untuk muslimah yang bisa dijadikan caption lucu singkat ini sebenarnya masuk akal, lho! Wajar jika kamu merasa sedih dan kecewa saat segala sesuatunya tak berjalan sesuai dengan keinginanmu. Tapi, buat apa meratapinya terus-menerus? Toh, kamu tak akan hidup selamanya di dunia ini.
Daripada baper melulu, mending belajar move on. Jangan sampai kesedihan merampas hakmu untuk berbahagia. Justru karena hidup hanya sementara itulah kamu harus menikmatinya dan mencari bekal untuk akhirat sebanyak-banyaknya.

sumber klik disini

0 komentar:

Copyright © 2013 Kumpulan Materi